Rabu, 29 November 2017

Manajemen waktu saat banyak pesanan Cake



share ttg manajemen waktu nya ya.. setidaknya ini versi aku..
pesanan menjelang hari raya, biasanya lebih banyak dibanding hari2 biasa. klo buatku, terima order yg comes first. dan customer lama diutamakan.
sekitar 1 bulan menjelang lebaran, jeng Cynthia pesan Choco Cake, sebanyak 24bh uk 22cm (yg kmudian nambah jadi total 30bh) . juga ada mba Ria yg juga sekitar 1 bulan sebelum delivery, pesan 60bh Goodie Bag untuk bday anaknya.. 22 nya minta delivery pada waktu yg berdekatan. mb Cynthia minta tgl 4 dan 7 sept. sedangkan mb Ria minta tgl 8sept.
dalam waktu 1 bulan sebelum due date, aku yakin bisa arrange.. sementara dilain pesanan2 itu, aku ada musti bikin kue kering lebaran untuk sendiri dan keluarga. dan seiring waktu berjalan, biasanya ada lagi pesanan yg masuk atau pesanan2 yg tak terduga. karenanya aku batasi sekitar 3bh cake saja pesanan dari yang lain.
lalu, setelah semua pesanan masuk,, aku hitung perkiraan seberapa banyak bahan yg akan terpakai. lalu pilih waktu untuk belanja bahan2 nya klo bisa sekalian semua di tbk..  yg memungkinkan cepat terpakai. klo kemarenan ini, seperti buah strawberry ngga mungkin kan beli di awal, bisa2 keburu busuk. juga whipcream aku tak beli dulu.. karna kapasitas kulkas terbatas, ngga bisa nyimpennya hehehe..
lalu, dari semua pesanan yg masuk, dilihat mana yg bisa ngerjainnya dicicil. klo dalam pesanan ku kemaren yg akan kubikin itu ada kuker, choco cake dengan topper coklat, alphabet cookies, mini cupcake dg topper fondant, coklat lolipop.
oia perhatikan juga peralatan yg mendukung. dan untuk tenaker, disini cuman ada bertiga. aku, ibuku, dan mbak ku. dan kadang ‘tenaga lepasan’ seperti ayahku, kk dan hubby ku hehehe..  si mbak biasanya bertugas tuk nyiapin bahan, motongin kertas roti, dan cuci-mencuci peralatan. oia si mbak disini bukan juga bukan asisten khusus kue. jadi memang nyambi sebagai art.. jadi ngerjain tugas2 rumah yg lainnya juga.
setelah semua beress,, baru ‘perang’ dimulai
1-2minggu pertama, aku dan ibu nyicil2 bikin kue kering. karna kue kering itu tahan lama. asalkan benar cara pengerjaan dan penyimpanannya bisa awet berbulan-bulan meskipun tanpa pengawet. jadi alphabet cookies – keisha juga dibikin duluan + diberi icing.. saat ngasi icing, dibantu dimas yg udah bisa dan rapih deh pokoke   dan si ayah kena bagian masuk2in ke plastik. kemudian setelah itu di press pake sealer dan kuiket pita kawat. simpan di tupperware.
Hiasan choco curl nya juga bisa dicicil.. Bikinnya pake kerokan yg buat es buah yg dari besi yg bentuknya setengah lingkaran itu (mirip seperti sendok ukur).
lalu 2 minggu kemudian, aku start bikin cake. pakai resep butter cake (sacher). 1x bikin bisa 3 resep (dapat 3bh cake). aku mempertimbangkan max 3 resep karena kan ada pengocokan putih telur (1 resep 8-10butir), klo kelamaan didiamkan si putih telur bisa kembali cair (aku tidak mempergunakan CTT). juga baskom nya ngga ada yg gedean lagi hahaha.. saat ngocok pun, pake 2 hand mixer. tangan kanan pegang 1 mixer, begitu pula yg tangan kiri    biasanya dalam sehari bikin 1 atau 2 kali bikin aja.
kemaren ini awalnya bikin di loyang pendek2 4cm, jadi dalam sekali ngoven masuk 9 loyang. tapi setelah dipikir2 kesian si mbak kebanyakan nyuci/ngebersihin loyangnya. juga jd boros kertas roti kan  jadi nya selanjutnya bikin di loyang tinggi 7-8cm aja. jadi sekali ngoven masuk 3 loyang aja.. dan kemudian dibagi/belah 3 kue nya.
lalu lalu..setelah cake nya jadi, pas udah dingin tentunya. bungkus rapat dengan plastik wrap dan simpan di freezer. dengan cara seperti ini, katanya cake bisa tahan hingga 3 bulan atau lebih (aku blm pernah nyoba sampai 3bulan sih). ini cake yg di foto engga sampe 30bh sih, karna lagi2 kapasitas terbatas kalo udah gini mikirnya punya chest freezer pasti berguna bgt. sempet awalnya kepengen beli,, tapi mikir2 lagi, wong belum begitu perlu juga hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kue Lempur Jajanan Tradisional

Kue lumpur termasuk makanan tradisional yang dulu sering muncul saat acara selametan (hajatan) sebelum tergeser dengan kue-kue modern seper...